Home » , » Muncul Aplikasi Android Gratis yang Curi Data Pengguna

Muncul Aplikasi Android Gratis yang Curi Data Pengguna

Google Play Store memang identik sekali dengan banykanya aplikasi gratis yang bisa Anda unduh tanpa harus membayar. Namun sekarang ini sepertinya Anda harus selektif sekali ketika ingin mengunduh aplikasi gratis dari Google Play Store. Karena jika Anda mengunduh aplikasi yang salah atau yang mengandung malware serta yang lainnya data Anda bisa tersebar kemana-mana tanpa Anda ketahui. Dan salah satu aplikasi yang terbukti melakukan hal seperti itu adalah “Brightest Flashlight”.

Aplikasi Android gratis curi data pengguna tanpa sepengetahuan pemiliknya, sehingga Anda pasti tidak akan sadar jika data pribadi Anda sudah dicuri oleh pengembang aplikasi tersebut. Dan produsen aplikasi tersebut juga sudah mengakui aksi pencuriannya tersebut kepada Federal Trade Commision (FTC) Amerika Serikat.

Data yang telah dikumpulkan oleh pihak aplikasi tersebut kemudian dijual kepada para pengiklan. Dimana data yang dicuri berupa data pribadi menganai perangkat yang digunakan serta lokasi dari pemilik perangkat tersebut. Terlebih lagi deskripsi mengenai aktivitas aplikasi tersebut tidak dituliskan pada deskripsi “Brightest Flashlight” di Google Play Store.

Menurut Direktur FTC, seharusnya pemilik aplikasi “Brightest Flashlight” menyediakan informasi yang cukup terbuka menyangkut pengambilan data pribadi pengguna. Sehingga semua pengguna bisa memilih untuk tetap mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut atau tidak sama sekali.

GoldenShores Technologis, selaku developer aplikasi Android gratis curi data pengguna tersebut juga diminta untuk menghapus semua data pribadi yang berhasil dikumpulkan. Dan ternyata data pribadi yang telah terkumpul cukup banyak sekali, karena aplikasi tersebt mulai diluncurkan pada bulan Februari tahun ini dan setidaknya ada sekitar 50 hingga 100 juta kali diunduh.
 
Sumber : http://www.gaptekbgt.com
Share this post :
 
[komunitas] ANDROID SINJAI
Sekretariat : Corner Cafe Masseddi, Jl. Tekukur No. 1 Kab. Sinjai
Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(Relawan TIK) Kab. Sinjai - Sulawesi Selatan