Home » , » Oprek Smartfren AndroMax-U : Upgrade Jelly Bean + ROOT

Oprek Smartfren AndroMax-U : Upgrade Jelly Bean + ROOT


Smartfren Andromax-U adalah salah satu produk Andalan dari Smart Telecom. Dengan spesifikasi yang tidak kalah canggih dengan smartphone kelas menengah lainnya, Andromax-U mengambil hati para pecinta gadget Android dengan banderolnya yang murah. Layar IPS LCD 4.5 inch,  kamera 8 MP, Dual On EVDO – GSM, CPU 1,2 Ghz, RAM 768 MB, FM Radio dan Ice Cream Sandwich 4.0 sebagai fitur stAndarnya.
Belum lama ini Innos i6, nama lain dari Andromax-u, mendapatkan update perangkat lunak nya ke Jelly Bean 4.1.2. Jika kamu salah satu pengguna Smartfren Andromax-U, kamu bisa langsung melakukan update dengan cara masuk ke menu Setting, lalu pilih bagian paling bawah “About phone”, pilih “System update”, dan pilih “Server” untuk pembaruan secara online. Namun, jika Anda ingin info lebih detilnya. Ikuti langkah berikut.
1.       Mengembalikan Stock Recovery
  1. Bagi yang sudah terlanjur mengganti recovery dengan CWM, sebelumnya download dulu file ini dan letakkan di  SD card (folder terluar) Anda. Kemudian silahkan masuk ke recovery, matikan MaxU kemudian tekan dan tahan tombol power dan volume up bersamaan sampai masuk ke CWM. dalam CWM, pilih “install zip from sdcard” lalu pilih “choose zip from sdcard” kemudian pilih file “STOCK_RECOVERY_innos-i6c.zip”. reboot MaxU Anda dan stock recovery sudah terpasang kembali.
0423131035-272x300
2. Install update Jelly Bean
—- Pembaruan secara online diperlukan kestabilan koneksi internet, akan lebih baik jika kamu terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang mempunyai kecepatan koneksi yang bagus. Tapi jangan khawatir bagi kamu yang kesulitan mendapatkan jaringan Wi-Fi dan tidak mau kuota internet kamu habis, kamu masih bisa mendownload file update Jelly Bean 4.1.2 dari rumah atau warnet. Untuk itu ada ada beberapa cara yang  Anda bisa gunakan :

I. ***Yang Masih menggunakan Ice Cream Sandwich******
a. Masuk ke settings->about phone->system update pilih server, Proses download relatif lama tergantung koneksi internet Anda, jangan lupa colokkan charger, jangan sampai Max-U mati di tengah-tengah proses update, karena akan menyebabkan corrupt pada OS-nya.

Screenshot_2013-04-02-18-45-30


b. Apabila tidak mendapat notifikasi OTA, ulangi langkah a, tetapi pilih file explorer, kemudian arahkan ke file ROM Smartfren Anda (Smartfren_4.1.2_210313_V1.1c.zip atau 1.1e atau 1.1h  ). kemudian silahkan Anda beraktifitas sambil menunggu proses download selesai, jangan lupa colokkan charger, jangan sampai Max-U mati di tengah-tengah proses update.

c. untuk yang tidak menggunakan OTA bisa mengunduh File ini (http://goo.gl/mRCfF ) selanjutnya :
  • Rubah nama file ROM Jellybean 4.1.2 yang sudah kamu download menjadi “update.zip” (*tanpa tanda petik)
  • Simpan file update.zip ke memori eksternal (microSD)
  • Matikan Andromax-U kamu, copot baterai nya selama 3 detik
  • Pilih “apply update from external storage”
  • Cari file update.zip yang kamu simpan di memori eksternal dan pilih dengan menekan tombol power
  • Tunggu sampai proses nya selesai dan restart dengan sendirinya.
1837739_20130327101526
Pasang kembali baterai nya dan masuk ke mode stock recovery dengan cara: tekan dan tahan tombol volume up + tombol power berbarengan sampai masuk ke mode stock recovery.

II. Yang sudah menggunakan Jelly Bean
a. Masuk ke recovery, pilih “install update from sd card”, “choose zip from sd card” dan pilih file ROM Smartfren Anda.
b. Bila mendapatkan error semacam “signature verivication failed”, terlebih dahulu pilih menu “advanced” dan pilih “enable signature verification” (atau sejenis itu, opsinya cuma satu kok  ), kemudian ulangi langkah a.

——Awas… pastikan kalau ROM yang Anda download tidak corrupt apabila hendak melakukan langkah b,

III. Yang sudah menggunakan Jelly Bean Custom ROM dan terlanjur menggunakan Clockworkmod Recovery******
a. Kalau Anda sudah dalam posisi ini, seharusnya Anda sudah tidak perlu baca petunjuk ini lagi karena setidaknya Anda sudah tergolong expert .

b. Download file recovery asli terlebih dahulu di sini
c. Buka terminal emulator atau masuk ke shell dengan perintah adb shell
d. Ketikkan “su”
e. Ketikkan “dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p16″
f. Bila lancar seharusnya recovery stock sudah terpasang kembali, silahkan lakukan langkah (II) diatas



3. Root MaxU 

Masih tidak puas dengan jelly bean? ingin di root? bisa dicoba cara berikut ini
a. Download file rootnya di sini
b. Masuk ke recovery, pilih “install update from sd card”, “choose zip from sd card” dan pilih file Supersu tersebut, Setelah proses selesai reboot MaxU Anda.
c. Bila mendapatkan error semacam “signature verivication failed”, terlebih dahulu pilih menu “advanced” dan pilih “enable signature verification” (atau sejenis itu, opsinya cuma satu kok  ), kemudian ulangi langkah b.

Meskipun Update Jelly Bean ini masih terdapat Minor Bug, namun bagi   tetap sangat recommended untuk dilakukan karena Performance  jauh meningkat dibanding ICS. Silahkan coba dan rasakan sendiri, MaxU Operkers akan berasa seperti ponsel baru lagi.

Share this post :
 
[komunitas] ANDROID SINJAI
Sekretariat : Corner Cafe Masseddi, Jl. Tekukur No. 1 Kab. Sinjai
Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(Relawan TIK) Kab. Sinjai - Sulawesi Selatan