Home » , » Mengenal File APK di Android

Mengenal File APK di Android

Apa Itu APK?
Android Package atau yang disingkat dengan APK adalah sebuah paket aplikasi pada Android. Sesuai dengan kepanjangannya yaitu “Android Package” yang artinya  “Paket Android”, coba kita lihat kenapa bisa disebut paket, kenapa bukan file?. Tapi sebelum itu kita bahas dulu yang mudah-mudah. Jika kita kaitkan dengan lainnya, File APK itu mirip dengan file Zip kalau sobat tidak percaya coba saja ekstrak file apk dengan winrar, atau root explorer.

Jika pada file Zip terdapat istilah Compress dan ekstrak, maka ada istilah yang sama juga di file Apk yaitu Compile dan Decompile tapi kita tidak membahas ini karena menyangkut pemrograman.

Beberapa hal pasti muncul dalam pikiran sobat ketika saya menyebutkan bahwa file APK itu mirip dengan ZIP, “apa kita dapat dengan sangat mudahnya mengedit sebuah aplikasi hanya dengan mengekstrak saja” dan jawabannya tidak. Tapi jika sobat sudah menguasai beberapa ilmunya itu sangat mudah bagi sobat.
 
Struktur File APK
Kembali lagi ke file zip, pada file zip pasti terdapat sebuah file. Nah sama seperti file apk, file ini memiliki sebuah file yang menjadi sebuah fondasi dalam sebuah apk. Beberapa structurenya antara lain:
  1. AndroidManifest.xml : Di file xml ini terdapat sebuah deskripsi dari berbagai perintah dan informasi file lainnya. Maksud lebih jelasnya ini sebagai sebuah pemerintahaan dalam sebuah Negara. 
  2. Build.xml : Ini adalah sebuah script ant yang tugasnya mengcompile dan menginstalnya dalam device sobat. 
  3. Bin/ : Disini terdapat hasil apk sobat 
  4. Res/ : Disinilah letak berbagai sumber komponen, seperti GUI, User Interface, Layout, string gambar dan lain-lain, bisa dibilang ini salah satu yang terpenting juga dalam sebuah aplikasi. 
  5. src/ : Inilah tempat Activity, direktori inilah yang menjadi sumber class Activity. Ibaratnya Class Activity itu menjadi sebuah aktivitas. Misalnya saat kita menekan sebuah tombol, maka jaringan data akan aktif. 
  6. Assets/: Memuat file static yang dikemas dalam aplikasi untuk device.
 
Sumber : http://androdoctor.blogspot.com 

 
Share this post :
 
[komunitas] ANDROID SINJAI
Sekretariat : Corner Cafe Masseddi, Jl. Tekukur No. 1 Kab. Sinjai
Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(Relawan TIK) Kab. Sinjai - Sulawesi Selatan