Home » , » 5 Aplikasi Android Gratis untuk Keadaan Darurat Bencana

5 Aplikasi Android Gratis untuk Keadaan Darurat Bencana


Di masa lalu, pada saat keadaan darurat ketika terjadi bencana alam ataupun bencana karena kelalaian manusia, barangkali tidak banyak yang bisa Anda lakukan kecuali menunggu datangnya bantuan. Tapi di era digital seperti sekarang, dengan bantuan ponsel Android Anda akan bisa melakukan tindakan pencegahan ataupun pertolongan pertama yang bisa jadi sangat penting bagi Anda atau korban bencana lain.

Memantau kondisi keluarga jauh yang tengah dalam musibah, menelepon kepolisian atau damkar, mengecek lokasi kemungkinan terjadinya gempa susulan, dan hal-hal lain terkait bencana dan keadaan darurat bisa Anda lakukan dengan aplikasi-aplikasi Andorid di bawah ini:

1. GPS Tracking Pro
GPS Tracking Pro akan melacak keberadaan keluarga dan kawan Anda secara real-time dari sebuah ponsel Android. Dengan teknologi GPS terbaik, aplikasi ini mampu melacak dengan cepat dan akurat lokasi saudara-saudara Anda yang kemungkinan terpisah karena bencana dan memberitahukan pada Anda melalui sebuah alert saat mereka dalam kesulitan.




2. ICE (In Case of Emergency)

ICE dedesain sebagai aplikasi tanggap bencana. Ini adalah aplikasi yang membantu Anda saat keadaan darurat karena memiliki fitur untuk melihat siapa yang harus Anda telepon dengan menggunakan beberapa klik saja. Anda bisa menempatkan ICE di lockscreen bersama aplikasi WidgetLocker.



3. Dangerous Goods Manual
Aplikasi ini wajib Anda install di ponsel Android jika Anda ingin mengetahui adanya zat-zat berbahaya di sekitar Anda. Tidak hanya mengidentifikasi zat beracun, aplikasi ini juga dilengkapi panduan untuk melakukan pertolongan pertama jika tanpa sengaja ada kawan atau saudara Anda yang menghirup zat beracun, misalnya. Aplikasi Dangerous Goods Manual dibuat untuk para profesional seperti anggkota pemadam kebakaran tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa dipakai perorangan.



4. Disaster Alert
Disaster Alert adalah aplikasi yang memiliki sebuah peta interaktif dan daftar tempat-tempat terjadinya bencana alam di seluruh penjuru bumi. Anda bisa membaca informasi mengenai bencana yang terjadi sekaligus share dengan kawan dan saudara jika dianggap perlu.

 

5. Color Flashlight

Aplikasi ini akan mengubah ponsel Android menjadi senter dengan sinar berwarna. Adanya penerangan menjadi penting mengingat saat terjadi bencana seringkali diikuti dengan pemadaman listrik baik diputus oleh pihak PLN ataupun karena korsleting. Dengan bantuan sebuah senter Anda bisa mencari kunci rumah, jalan keluar, ataupun letak kotak P3K. Color Flashlight akan menjadikan ponsel Android Anda sebuah senter, baik bisa dari touchscreen depan ataupun dari Flash kamera belakang, ataupun menampilkan teks SOS/HELP/dll dalam sinar yang sangat terang dari screen ponsel.





Sumber : http://android.gopego.com/2013/01/5-aplikasi-android-gratis-untuk-keadaan-darurat-bencana

Share this post :
 
[komunitas] ANDROID SINJAI
Sekretariat : Corner Cafe Masseddi, Jl. Tekukur No. 1 Kab. Sinjai
Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(Relawan TIK) Kab. Sinjai - Sulawesi Selatan