Home » , » Kendalikan PC dengan Android

Kendalikan PC dengan Android


Mungkin terdengar seperti tidak mungkin, tapi dengan menggunakan Android apa sih yang tidak mungkin? Benar tidak oprekers? :D
Semua hal tersebut menjadi mungkin setelah Splashtop merilis versi terbarunya Splashtop2 dan THD atau versi terbarunya di Google Play beberapa waktu yang lalu. Bagi yang belum tahu, Splashtop ini adalah sebuah aplikasi mirip dengan remote desktop, dimana kamu bisa mengontrol PC atau laptop kamu dengan hanya menggunakan gadget Android.
Tentu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Splashtop ini selain untuk memainkan game PC di Android. Contohnya, Android kamu bisa menggantikan remote saat melakukan presentasi Power Point, atau kamu bisa mengetik di Microsoft Word sambil tiduran dengan menggunakangadget kamu. Jika masih bingung dengan cara kerja Splashtop, simak video berikut ini:
[youtube id='wFz0VdE0srs' width='400' height='300' /]
Sebenarnya agak disayangkan jika perangkat yang kita miliki tidak di-root sehingga dapat mengurangi keasyikannya untuk menggunakan Splashtop ini. Lantas bagaimana caranya untuk mengubah Android kita menjadi sebuah remote untuk PC atau Laptop? Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Unduh aplikasi Splashtop Streamer dari http://www.splashtop.com/streamer/download?from=remotedownload. Setelah mengunduh, install aplikasi ini di PC/laptop yang akan kamu remote. Instalasinya hampir sama dengan instalasi program lainnya kok, jadi tidak susah :)
2. Jalankan aplikasi Splashtop Streamer (atau setelah instalasi, biasanya aplikasi ini langsung berjalan secara otomatis, dan kamu akan mendapatkan layar selamat datang seperti ini.
oprek_splastop1 (1)
3. Seperti biasa, setujui End User License Agreement-nya. Kalau tidak setuju, ya tidak bisa pakai aplikasi ini dong.
oprek_splastop1 (2)
4. Di layar selanjutnya, kamu akan Disuruh untuk membuat akun splastop. Jika belum pernah memiliki, tinggal buat akun saja dengan memasukkan alamat email dan password.
ngoprek_splastop!!
5. Langkah-langkah setting Splashtop Streamer di PC/laptop sudah selesai. Yuk sekarang mulai mengubahsetting jaringan yang akan digunakan.
6. Nyalakan WiFi Tethering yang ada di gadget kamu. Di sebagian besar OS Android, setting ini berada di menu Setting -> Wireless and Networks -> Tethering and Portable Hotspot -> beri tanda centang pada Portable Wi-Fi Hotspot.
ss2013-02-11_16-46-42_520
7. Nyalakan WiFi PC/laptop. Sambungkan ke tethering hotspot yang kamu buat tadi. Di sini saya membuatnya default dengan yang ada misal XT910 karena menggunakan Device motorola Razr.
8. Jalankan aplikasi Splashtop Streamer. Maka di layar pembuka seperti di bawah ini, kamu akan mendapatkan sebuah deretan angka IP Adress PC/laptop tersebut. Catat angka tersebut.
9. Sekarang unduh aplikasi Splashtop Remote dari Market. Bisa didapatkan di Market dengan kata kunci Splashtop Remote dan pilih yang sesuai dengan keinginan kamu (ada yang HD, THD, ada yang standar) atau unduh dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.splashtop.remote.pad.v2 untuk Splashtop Remote standar yang terbaru.
10. Jalankan aplikasi Splashtop Remote. Klik tombol plus (“+”) yang ada di pojok kanan atas, untuk memasukkan nama dan IP PC/laptop yang akan kamu remote contoh pengisiannya adalah sebagai berikut:
Computer Name : terserah, untuk penanda saja jika kamu ingin mengendalikan lebih dari satu PC
IP Address : masukkan IP Address yang kamu dapatkan dari langkah nomor 8 diatas.
Security Code : masukkan security code PC yang sudah kamu masukkan, sesuai dengan langkah nomor 4.

ss2013-02-11_17-03-55_337
11. Setelah itu, PC kamu akan muncul di layar utama. Tap ikon komputer yang muncul di layar dan voila!Kamu sudah terhubung dengan PC/laptop kamu. Di layar awal, kamu akan menemui sebuah tutorial cara mengontrol pointer mouse dengan menggunakan sentuhan Android kamu.
ss2013-02-11_17-04-31_663
12. Setelah puas dan paham dengan tutorial, maka kamu sudah bisa mengontrol PC/laptop kamu dengan Android! Di bawah ini adalah contoh saat membuka control panel. Oiya, jika tampilan terlalu kecil, kamu bisa kok melakukan zoom dengan “mencubit” seperti biasanya.
ss2013-02-11_17-07-26_757
13. Jika gadget kamu tidak menyediakan keyboard fisik, maka kamu bisa memunculkan keyboard virtual dengan menekan ikon keyboard yang ada di pojok kanan bawah.
oprek_splastop1 (7)
ss2013-02-11_17-06-35_80
Bagaimana, menarik bukan? Oiya, aplikasi Splashtop Streamer bisa didapatkan gratis, namun untuk mendapatkan Splashtop Remote-nya, kamu harus mengeluarkan uang sekitar US $4.99  untuk menebusnya di Google Play .
Ada kesulitan dalam instalasi atau bingung memilih Splashtop mana yang cocok dengan Android kamu? Silahkan tulis pertanyaannya di kolom komentar di bawah ya. Jangan segan untuk membudayakan komen ya para oprekers.\
Share this post :
 
[komunitas] ANDROID SINJAI
Sekretariat : Corner Cafe Masseddi, Jl. Tekukur No. 1 Kab. Sinjai
Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(Relawan TIK) Kab. Sinjai - Sulawesi Selatan